Cara Menggunakan PostgreSQL : Foreign Data Wrapper

Postgres_fdw (foreign data wrapper) merupakan salah satu modul milik PostgreSQL yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses data pada database PostgreSQL yang lain (baik sesama local database maupun remote database). Postgres_fdw memungkinkan kita untuk mendapatkan refference tabel yang berada pada database lainnya, sehingga seakan-akan tabel tersebut terdapat pada database project yang sedang kita kerjakan.

Kapan saat yang tepat untuk menggunakannya?

postgres_fdw baik digunakan tentu saja untuk mengakses data pada tabel yang ada di database lain. Terutama jika kita sering melakukan query yang melibatkan database lain.

4 Langkah mudah menggunakan postgres_fdw

Akhirnya foreign table pegawai sudah selesai dibuat! jika kita ingin mengakses data pada tabel tersebut, kita hanya perlu query biasa seperti halnya mengakses data pada database yang sedang dikerjakan. Jika data pada tabel pegawai yang berada pada server lain diupdate, maka foreign table yang telah dibuat juga akan mendapatkan update datanya secara otomatis.

Modul postgres_fdw sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan db_link. Namun, penggunaan db_link dilakukan setiap kali kita melakukan query. Maka dari itu akan lebih praktis jika kita sudah melakukan implementasi foreign data satu kali saja. Selain itu, kita juga dapat menghasilkan query yang lebih simple, terutama jika kita melibatkan tabel dengan banyak dimensi.

Meskipun demikian, pengubahan data pada foreign table juga akan mempengaruhi data yang ada pada database lain. maka dari itu kita harus berhati — hati dalam melakukan akses ke tabel tersebut, dan disarankan agar foreign table hanya digunakan untuk akses data saja(YEC).