Kopdar Python Juni 2015

Pada hari Sabtu yang lalu, KMK labs menjadi tuan rumah dari Kopi Darat Python Indonesia. Kopdar ini sedikit lebih awal dari jadwal dua bulanan sebelumnya, sehubungan dengan datangnya bulan puasa.

Acara dibuka dengan perkenalan masing-masing peserta dan sedikit kata sambutan serta laporan keuangan dari Edwin Lunando, sebelum kami semua menerima suguhan presentasi dari para pembicara. Kali ini, terdapat tiga presentasi: Visualisasi Graph/Network menggunakan Python oleh Alfa Ryano, Navigasi ke dalam labirin kompleksitas zona waktu oleh our own Sky Kok, dan terakhir Adhy Ngurajeka berbicara tentang Django web framework.

Alfa Ryano, seorang dosen, menceritakan tentang penggunaan games untuk mempermudah siswanya belajar. Tidak hanya visualisasi dari games, namun penggunaan visualisasi dari logs juga membantu sang dosen dalam mempelajari behaviour dari pengguna game-nya.

Kemudian, Sky membawakan presentasinya mengenai zona waktu di Python. Pembahasannya mencakup praktek terbaik dalam penggunaan zona waktu, dan membedah berkas tzfile dengan menggunakan Python. Tidak lupa Sky menyemangati para hadirin untuk turut berkontribusi dalam open-source.

Setelah pizza time, Adhy Ngurajeka memberikan presentasi tentang Django web framework dan berbagi pengalamannya. Hal-hal yang dibahas yaitu instalasi dan setup dengan pip dan virtualenv, struktur proyek, dan lain-lain. Dia juga menceritakan tentang kemudahan yang diberikan Django, serta bagaimana menggunakan Django untuk membuat platform blog yang mendukung format markdown.

Kopi darat kali ini dihadiri sekitar 30–40 orang. Jumlah peserta kopdar Python Indonesia memang mengalami kenaikan yang signifikan di tahun ini. Mudah-mudahan kita semua tetap memiliki semangat untuk berbagi, sehingga komunitas ini bisa lebih bertahan dan selalu menerima anggota baru dengan tangan terbuka.