Law of Demeter, Komentar tentang Deprecated, Protokol Baru Google: Quic

Law of Demeter

Di KMK, ada beberapa kesalahan yang tercatat di log ketika agen mengakses feed. Ternyata ada kode seperti ini:

$a->$b->$c->$d->$e;

Itu terpatahkan di tengah-tengah. $c-nya null sehingga kita mendapatkan kesalahan: Null tidak ada metode $d.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan prinsip Law of Demeter. Prinsip ini menyatakan objek tidak boleh berhubungan dengan orang asing, hanya boleh berhubungan dengan teman langsung. Jadi objek $a tidak boleh berhubungan dengan $c, $d, atau $e. Objek $a hanya boleh berhubungan dengan temannya, yaitu $b.

Komentar tentang “Usang”

Di kode kita, ada beberapa metode atau fungsi yang tidak dianjurkan untuk dipakai. Metode atau fungsi itu sudah diberi dengan komentar “usang” atau “deprecated”. Tapi itu saja tidak cukup. Kita harus menulis di log jika metode atau fungsi itu dipakai sehingga kita tahu kapan dan kenapa metode atau fungsi itu dipakai.

Selain itu kita harus beri catatan juga apa alternatif dari metode atau fungsi yang usang ini. Sehingga orang bisa menggunakan alternatif itu ketimbang menjadi bingung.

Google Quic

Google sudah mengembangkan protokol internet baru, yaitu Quic. Ini adalah saingan dari TCP. Seperti yang kita ketahui TCP menggunakan three way handshake. Ini terlalu lama. Tujuan dari Quic ini adalah menjadi secepat UDP tapi dengan menghindari kehilangan paket.