Persiapan Development Aplikasi Mobile Bola.com — Part 2

Persiapan Development Aplikasi Mobile Bola.com — Part 2

Sebagai lanjutan dari post sebelumnya, sekarang kita akan membahas mengenai Design Sprint aplikasi mobile Bola.com.

Design Sprint

Design sprint adalah sebuah proses untuk desain, prototyping, dan melakukan user test terhadap prototype tersebut untuk menjawab pertanyaan bisnis yang dilakukan dalam 6 tahapan dan dalam waktu tertentu, biasanya dilakukan dalam 5 hari. Design Sprint dilakukan untuk mengurangi resiko ketika meluncurkan sebuah produk atau fitur. Dengan Design Sprint kita tidak perlu menunggu minimum product untuk diluncurkan ke pasar terlebih dahulu untuk mengetahui respon dari user, karena di akhir step ada user testing terhadap prototype kita. Tim yang biasanya terlibat dalam Design Sprint ini adalah kolaborasi dari desainer, product manager, decision maker, business team (marketing, sales).

6 Tahapan Design Sprint

Biasanya Design Sprint dilakukan dalam 5 hari, namun karena keterbatasan yang ada kami berhasil untuk menjalankan Design Sprint aplikasi Bola.com dalam 4 hari. Berikut adalah pembagian hari dan aktifitas per hari-nya.

  • Day 1: Understand- Define
  • Day 2: Diverge-Decide
  • Day 3 Prototype-Validate (Internal Validation: primary target user yang merupakan rekan kerja kami)
  • Day 4 Prototype-Validate (primary target user yang sudah dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan)

Specification

Setelah Design Sprint selesai dilakukan, spesifikasi untuk aplikasi Bola.com dibuat dan diprioritaskan untuk selanjutnya masuk ke dalam proses development kami.

Setelah persiapan selesai, masuklah kami ke tahapan development. BTW, aplikasi Bola.com kini sudah ada di Playstore, silakan download aplikasinya di sini.