`Solusi` Sementara untuk Permasalahan OOM di Perangkat Android berbasis Lollipop Akibat Penggunaan Pustaka Fresco

Fresco adalah sebuah pustaka dari Facebook pada sistem operasi Android, untuk melakukan pemuatan gambar dan penggunaan memori dalam melakukan pemuatan gambar.

Pustaka ini sangat memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi yang menampilkan banyak gambar tanpa harus memusingkan masalah penggunaan memori.

Sayangnya, pada perangkat yang menjalankan sistem operasi Android versi Lollipop, sering kali terjadi masalah OutOfMemoryError. Hingga saat ini, solusi untuk masalah ini belum ditemukan oleh pihak Fresco. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya laporan mengenai masalah memori.

Tentu saja hal ini juga dialami oleh tim Android di KMKLabs. Setelah ditelusuri oleh Dino Dwiyaksha dan Jimmy Wu, sebuah solusi sementara akhirnya didapat untuk mencegah terjadinya OutOfMemoryError.

Solusi yang ditemukan adalah dengan membuat sebuah BitmapMemoryCacheParamsSupplier. BitmapMemoryCacheParamsSupplier tersebut digunakan dengan cara membuat sebuah ImagePipelineConfig, yang digunakan ketika menginisialisasi Fresco.

Solusi sementara ini dapat digunakan oleh kalian semua, hingga tim Fresco menyelesaikan masalah ini di sisi mereka.