Training CP100A: Google Cloud Platform Fundamentals

Rabu, 24 Agustus 2016 yang lalu, kami (Cecep dan Sugandi) dari tim DevOps KMKLabs berkesempatan menghadiri training Google Cloud Platform Fundamentals yang diselenggarakan di Asia Square 1, 19th floor (Google Asia Pacific Singapore).

Persiapan Sebelum Training

Karena training ini berlangsung seharian dan dimulai dari jam 8 pagi (waktu Singapore), kami memutuskan utk berangkat sehari sebelumnya.

Pesawat yang kami naiki, tiba di Singapore sekitar jam 20:35 waktu setempat. Lalu dengan dengan menggunakan MRT kami tiba di hotel untuk check-in sekitar jam 10 malam. Dengan waktu yang relatif sudah agak malam, kami hanya sempat makan malam disekitaran hotel.

Training Day

Lokasi hotel tempat kami menginap ke kantor Google Asia Pacific tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 1.5 km, dan menurut Google Maps itu cuma memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan dengan berjalan kaki.

Akhirnya kami memutuskan utk berjalan kaki, sekalian menikmati suasana pagi. Trotoar di Singapore sangat lebar dan nyaman untuk berjalan kaki. Hanya saja, sebaiknya ikuti petunjuk google maps baik-baik. Kalau diarahkan untuk berjalan di kanan jalan misalnya, harus diikuti, karena di Singapore, kita tidak bisa sembarangan nyebrang jalan.

Kami agak sedikit tidak fokus dan mengabaikan petunjuk aplikasi google maps, jadinya kadang harus memutar balik untuk sekedar menyebrang jalan. Akhirnya waktu tempuh yang harusnya 20 menit, jadi sekitar 30 menit lebih :)

Materi Training

Training kali ini seperti di judulnya “Fundamental” lebih banyak bersifat pengenalan tentang fitur-fitur di Google Cloud Platform.

Module 1: Introducing Google Cloud Platform

Module 2: Getting Started with Google Cloud Platform

Module 3: Google App Engine and Google Cloud Datastore

Module 4: Google Cloud Patform Storage Options

Module 5: Google Container Engine

Module 6: Google Compute Engine and Networking

Module 7: Big Data and Machine Learning

Setiap module disertai dengan module lab nya. Jadi peserta training diberikan serangkaian petunjuk untuk mencoba langsung fitur yang ada di module training tersebut.

Trainingnya cukup padat, berlangsung dari jam 08:00 (GMT +8, jadi kalau di Jakarta ini jam 7 pagi lho), sampai sore jam 18:00 waktu setempat. Dengan beberapa kali diselingi coffe break dan makan siang tentunya.

Setelah training selesai, kami bergegas menuju bandara. Sama seperti sehari sebelumnya menggunakan MRT, cuma kali ini di jam relatif sibuk. Lokasi stasiun MRT tidak jauh dari kantor Google, bisa dengan berjalan kaki.

Dan setelah makan malam di Bandara Changi dan mencari sedikit oleh-oleh untuk teman kantor, kami terbang pulang ke Jakarta. Tiba di bandara Soekarno-Hatta jam 10 malam. Seharian waktu yang melelahkan tapi banyak hal yang menyenangkan. Mudah-mudahan kami diberikan kesempatan lagi untuk mengikuti training-training lain seperti ini.

Eh btw, kalau kalian join di KMK, kalian juga bisa berkesempatan untuk mengikuti training seperti ini loh. Ups, ngiklan :D